Profil Prodi Teknologi Elektronika
Program Studi Teknik Elektronika berdiri berdasarkan SK no.35 / DIKTI / KEP / 1990 tertanggal 09 - 05 – 1990. Penyelengaraan program studi dimulai september 1992 dengan izin operasional no. 15052/D/T/K-N/2013dan saat ini telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT) melalui surat keputusan BAN-PT5025/SK /BAN-PT/Akred/DplIII/VII/2017 dengan Akreditasi B. Pada tanggal 22 Mei 2018 program studi Teknik Elektronika berubah Nama menjadi Program Studi Teknologi Elektronika melalui SK Kemenristek no 457/KPT/I/2018 tentang pengubahan nama program studi pada Politeknik Negeri Lhokseumawe Program Studi Teknologi Elektronika mengkhususkan pada kemampuan menerapkan, merumuskan alternative solusi, merealisasi rancangan, melakukan penggunaan, pengujian dan pengukuran untuk permasalahan instrumentasi industri dan sistem kendali, sesuai level 5 (Lima) KKNI.
Visi Prodi Teknologi Elektronika
Program studi Teknologi Elektronika pada tahun 2024 menjadi pendidikan tinggi vokasi bidang Teknologi Elektronika yang Mandiri, unggul dan mampu bersaing di tingkat nasional maupun regional Asia Tenggara”
Misi Prodi Teknologi Elektronika
1. Menyelenggarakan pendidikan vokasi yang inovatif dan terakreditasi di tingkat nasional dalam bidang rekayasa teknologi elektronika yang berjiwa technopreneurship.
2. Mengembangkan teknologi eleketronika melalui penelitian dasar dan terapan, meningkatkan kopetensi dan profesionalisme dosen dan lulusan.
3. Melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat di bidang teknologi elektronika sebagai wukud peningkatan keilmuan.
4. Melaksanakan kerjasama dengan berbagai pihak dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di tingkat nasional maupun regional Asia Tenggara secara berkesinambungan untuk pengembangan dan keberlangsungan pendidikan.
Tujuan Prodi Teknologi Elektronika
Dari pencapaian visi, misi maka tujuan yang ingin dicapai pada Program Studi Teknologi Elektronika sesuai dengan perencanaan yang akan terwujud pada tahun 2027, dan pencapaian tersebut dilakukan secara bertahap dengan tetap selaras dengan tujuan Jurusan Teknik Elektro dan Politeknik Negeri Lhokseumawe. Adapun tujuan yang ingin dicapai pada program studi teknologi elektronika diantaranya :
1. Menghasilkan tenaga kerja vokasional yang inovatif dan mampu bersaing ditingkat nasional maupun regional Asia Tenggara.
2. Menghasilkan Peserta didik yang berjiwa usaha mandiri dalam bidang teknologi elektronika.
3. Menghasilkan Penelitian terapan di bidang elektronika yang dapat diimplementasikan di masyarakat.
4. Meningkatkan peran PSTE sebagai mitra kerjasama strategis dengan pihak eksternal dalam bidang pendidikan dan pengabdian masyarakat.
Surat Keputusan
Capaian Pembelajaran
Capaian Pembelajaran Rumusan Sikap
S01. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious
S02. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika
S03. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila
S04. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalismeserta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
S05. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
S06. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
S07. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
S08. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
S09. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
S010. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
S011. Menunjukkan prilaku adaptif dan mampu bekerja sama / kolaborasi dalam memecahkan masalah di bidang instrumentasi dan system kendali.
Capaian Pembelajaran Penguasaan Pengetahuan
P01. Menguasai konsep teoritis matematika teknik dan fisika terapan terkait dengan praktek instalasi dan konfigurasi , interpertasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan dan perbaikan untuk menyelasiakan permasalahan bidang instrumentasi dan system kendali.
P02. Menguasai pengetahuan tentang teknik pengujian dan penvgukuran instrumentasi dan system kendali menggunakan prosedur dan standar IEC
P03. Menguasai pengetahuan tentang perangkat pemrgraman, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untu rekayasa dan penyelesaian pekerjaan bidang instrumentasi dan system kendali
P04. Menguasai pengetahuan tentang IEC pada bidang instrumentasi dan system kedali
P05. Menguasaikonsep teoritis tentang sain terapan pada bidang instrumentasi dan system kendali
P06. Menguasai pengetahuan tentang tata cara komunikasi dengan pihak lain dengan memperhatikan etika komunikasi
P07. Menguasai prinsip dan issue terkini dalam ekonomi, social, ekologi secara umum (C3)
P08. Menguasai pengetahuan tentang SOP perbengkelan, aktivitas laboratorium dan K3.
Capaian Pembelajaran Keterampilan Umum
U01. Mampu menyelesaikan pekerjaan pada bidang instrumentasi dan system kendali dan menganalisa beragam metode yang sesuai dengan bidang elektronika
U02. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur
U03. Mampu memecahkan masalah pekerjaan pada bidang instrumentasi dan system kendali didasarkan pada pemikiran logis, inovatisf, dan bertanggungjawab atas hasilnya secara mandiri
U04. Mampu menyusun laporan hasil dan proses secara akurat dan sahih serta mengkomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan 23 Kode Capaian Pembelajaran Rumusan Sikap
U05. Mampu bekerjasama, berkomunikasi, dan berinovatif pada bidang instrumentasi dan system kendali
U06. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan pada bidang instrumentasi dan system kendali yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya
U07. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggungjawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri
U08. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menenukan kembali data dan menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi pekerjaan pada bidang instrumentasi dan system kendali yang berada dibawah tanggungjawabnya dan mengembangkan kompetensi kerja secara mandiri
Capaian Pembelajaran Keterampilan Khusus
K01. Mampu menerapkan Kode, matematika teknik dan fisika terapan kedalam prosedur dan praktek instalasi, interpertasi, instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan, mengidentifikasi sumber masalah (trouble shooting), dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan system kendali berdasarkan teori yang bersesuaian (C4)
K02. Mampu merumuskan alternative solusi untuk masalah instrumentasi dan system kendali menggunakan IEC dengan memperhatikan factor-faktor ekonomi, K3 dan lingkungan (C6)
K03. Mampu merealisasikan rancangan system system kendali sederhana yang memenuhi kebutuhan spesifik berdasarkan standar IEC dengan memperhatikan factor-faktor ekonomi, K3 dan lingkungan (C5)
K04. Mampu melakukan pengujian dan pengukuran instrumentasi dan system kendali berdasarkan prosedur dan standar IEC untuk menganalisa, menginterpretasi dan menerapkan sesuai peruntukan (C6)
K05. Mampu menggunakan alat ukur elektronik , peramgkat lunak, simulasi dan penggunaan teknologi informasi rekayasa, penyelesaian pekerjaan dalam bidang instrumentasi dan system kendali (C5)