Profil Prodi Teknologi Elektronika

Program Studi Teknik Elektronika berdiri berdasarkan SK no.35 / DIKTI / KEP / 1990 tertanggal 09 - 05 – 1990. Penyelengaraan program studi dimulai september 1992 dengan izin operasional no. 15052/D/T/K-N/2013dan saat ini telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT) melalui surat keputusan BAN-PT5025/SK /BAN-PT/Akred/DplIII/VII/2017 dengan Akreditasi B. Pada tanggal 22 Mei 2018 program studi Teknik Elektronika berubah Nama menjadi Program Studi Teknologi Elektronika melalui SK Kemenristek no 457/KPT/I/2018  tentang pengubahan nama program studi pada Politeknik Negeri Lhokseumawe Program Studi Teknologi Elektronika mengkhususkan pada kemampuan  menerapkan, merumuskan alternative solusi, merealisasi rancangan, melakukan penggunaan, pengujian dan pengukuran untuk permasalahan instrumentasi industri dan sistem kendali, sesuai level 5 (Lima) KKNI.

Visi Prodi Teknologi Elektronika

Program studi  Teknologi Elektronika pada tahun 2024  menjadi pendidikan tinggi vokasi bidang Teknologi Elektronika yang Mandiri, unggul dan mampu bersaing di tingkat nasional maupun regional Asia Tenggara” 

Misi Prodi Teknologi Elektronika

1. Menyelenggarakan pendidikan vokasi yang inovatif dan terakreditasi di tingkat nasional dalam bidang rekayasa teknologi elektronika yang berjiwa technopreneurship. 

2. Mengembangkan teknologi eleketronika melalui penelitian dasar dan terapan, meningkatkan kopetensi dan profesionalisme dosen dan lulusan. 

3. Melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat di bidang teknologi elektronika sebagai wukud peningkatan keilmuan. 

4. Melaksanakan kerjasama dengan berbagai pihak dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di tingkat nasional maupun regional Asia Tenggara secara berkesinambungan untuk pengembangan dan keberlangsungan pendidikan.

 

Tujuan Prodi Teknologi Elektronika

Dari pencapaian visi, misi maka tujuan yang ingin dicapai pada  Program Studi Teknologi Elektronika sesuai dengan perencanaan yang akan terwujud pada tahun 2027, dan pencapaian tersebut dilakukan secara bertahap dengan tetap selaras dengan tujuan Jurusan Teknik Elektro dan Politeknik  Negeri Lhokseumawe.  Adapun tujuan yang ingin dicapai pada program studi teknologi elektronika diantaranya : 

1. Menghasilkan tenaga kerja vokasional yang inovatif dan mampu bersaing ditingkat nasional maupun regional Asia Tenggara. 

2. Menghasilkan Peserta didik yang berjiwa usaha mandiri dalam bidang teknologi elektronika.  

3. Menghasilkan Penelitian terapan di bidang elektronika yang dapat diimplementasikan di masyarakat. 

4. Meningkatkan peran PSTE sebagai mitra kerjasama strategis dengan pihak eksternal dalam bidang pendidikan dan pengabdian masyarakat.

Surat Keputusan

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran Rumusan Sikap 

S01. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious

S02. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral  dan etika 

S03. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila 

S04. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalismeserta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa 

S05. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain 

S06. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan 

S07. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara

S08. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik 

S09. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri 

S010. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan 

S011. Menunjukkan prilaku adaptif dan mampu bekerja sama / kolaborasi dalam memecahkan masalah di bidang instrumentasi dan system kendali.

Capaian Pembelajaran Penguasaan Pengetahuan

P01. Menguasai konsep teoritis matematika teknik dan fisika terapan terkait dengan praktek instalasi dan konfigurasi , interpertasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan dan perbaikan untuk menyelasiakan permasalahan bidang instrumentasi dan system kendali. 

P02. Menguasai pengetahuan tentang teknik pengujian dan penvgukuran instrumentasi dan system kendali menggunakan prosedur dan standar IEC 

P03. Menguasai pengetahuan tentang perangkat pemrgraman, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untu rekayasa dan penyelesaian pekerjaan bidang instrumentasi dan system kendali

P04. Menguasai pengetahuan tentang IEC pada bidang instrumentasi dan system kedali 

P05. Menguasaikonsep  teoritis tentang sain terapan pada bidang instrumentasi dan system kendali 

P06. Menguasai pengetahuan tentang tata cara komunikasi dengan pihak lain dengan memperhatikan etika komunikasi 

P07. Menguasai prinsip dan issue terkini dalam ekonomi, social, ekologi secara umum (C3) 

P08. Menguasai pengetahuan tentang SOP perbengkelan, aktivitas laboratorium dan K3.

Capaian Pembelajaran Keterampilan Umum

U01. Mampu menyelesaikan pekerjaan pada bidang instrumentasi dan system kendali dan menganalisa beragam metode yang sesuai dengan bidang elektronika 

U02. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur 

U03. Mampu memecahkan masalah pekerjaan pada  bidang instrumentasi dan system kendali didasarkan pada pemikiran logis, inovatisf, dan bertanggungjawab atas hasilnya secara mandiri

U04. Mampu menyusun laporan hasil dan proses secara akurat dan sahih serta mengkomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan  23   Kode Capaian Pembelajaran Rumusan Sikap 

U05. Mampu bekerjasama, berkomunikasi, dan berinovatif  pada bidang instrumentasi dan system kendali 

U06. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan pada bidang instrumentasi dan system kendali yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya 

U07. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggungjawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri 

U08. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menenukan kembali data dan menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi pekerjaan pada bidang instrumentasi dan system kendali yang berada dibawah tanggungjawabnya dan mengembangkan kompetensi kerja secara mandiri

Capaian Pembelajaran Keterampilan Khusus

K01. Mampu menerapkan Kode, matematika teknik dan fisika terapan kedalam prosedur dan praktek instalasi, interpertasi, instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan, mengidentifikasi sumber masalah (trouble shooting), dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan system kendali berdasarkan teori yang bersesuaian (C4) 

K02. Mampu merumuskan alternative solusi untuk masalah instrumentasi dan system kendali  menggunakan IEC dengan memperhatikan factor-faktor ekonomi, K3 dan lingkungan (C6) 

K03. Mampu merealisasikan rancangan system system kendali sederhana yang memenuhi kebutuhan spesifik berdasarkan standar IEC dengan memperhatikan factor-faktor ekonomi, K3 dan lingkungan (C5) 

K04. Mampu melakukan pengujian dan pengukuran instrumentasi dan system kendali berdasarkan prosedur dan standar IEC untuk menganalisa, menginterpretasi dan menerapkan sesuai peruntukan (C6) 

K05. Mampu menggunakan alat ukur elektronik , peramgkat lunak, simulasi dan penggunaan teknologi informasi rekayasa, penyelesaian pekerjaan dalam bidang instrumentasi dan system kendali (C5)